Filosofi Hidup Orang Jawa Yang Perlu Anda Terapkan Dalam Hidup

Sebagai orang jawa, saya tentunya menyadari bahwa ada banyak orang Jawa yg sukses di perantauan. Entah itu sebagai seniman, ilmuwan, penulis, atlet, musisi dan masih banyak lagi. Salah satu rahasia kesuksesan ini adalah filosofi hidup, yang dijadikan pedoman dari lahir sampai meninggal nanti.

Filosofi hidup ini sangat bermanfaat, & bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, meskipun anda bukan orang jawa. Berikut adalah 5 filosofi hidup orang jawa, yang bisa anda terapkan agar hidup anda lebih bahagia & bermakna.

Yang Pertama, Wong Jowo Kuwi Gampang Ditekuk-tekuk

Artinya, “Orang Jawa Mudah Ditekuk. Alias Fleksibel”. Kebanyakan orang Jawa itu luwes, dan mudah berbaur dengan suku-suku lainnya.

Filosofi ini sangat penting karena kita harus bisa menyeusaikan diri dan beradaptasi di manapun kita berada. Ketika kita mendapat penerimaan, memiliki relasi yang banyak, disukai banyak orang, maka kehidupan sosial kita pun akan jauh lebih mudah.

Yang Kedua : Nrimo Ing Pandum

Maknanya, “Menerima pemberian dengan ikhlas”.  Menerima di sini berarti menerima segala kondisi kita atas pemberian dari Tuhan yang Maha Kuasa.  Menerima tidak sekedar berpasrah diri, namun juga mencari hikmah atas apa yang dialami.

Ketika kita menerapkan filosofi ini, kita tidak akan pernah merasa kekurangan. Kita akan selalu bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini dan tetap melakukan usaha yang terbaik untuk memperbaiki kekurangan dalam hidup.

Ketiga : Alon-alon Waton Kelakon

Dalam menjalani segala sesuatu kita tidak boleh tergesa-gesa, tetapi mengikuti proses secara bertahap. Alon-alon atau pelan-pelan bukan berarti lambat berproses, namun lebih mengarah pada kesabaran dan berhati-hati dalam mewujudkan impian agar tidak celaka di jalan.

Keempat : Sopo Nandur Bakalan Ngunduh

Kalimat ini berarti, “Siapa yang menanam, pasti bakal menuai”. Jika kita melakukan pekerjaan yang baik, kita pasti akan menikmati hasil yang baik juga.

Kelima : Wong Sabar Rejekine Jembar, Wong Ngalah Uripe Berkah

Artinya, “Orang sabar, rezekinya banyak. Orang yang mengalah, hidupnya berkah”. Itulah mengapa orang Jawa terkenal sabar. Orang Jawa juga selalu mengalah dan tidak nyolot kalau sedang berselisih dengan orang lain.

Filosofi ini juga cocok diterapkan untuk orang yang sedang menjalani bisnis. Ya, ketika kita mau bersabar untuk mewujudkan impian, kita pasti akan menjalani setiap proses dengan sukacita karena kita tahu impian pastilah akan terwujud tepat pada waktunya.