Cara Menentukan Hari Baik Berdasarkan Primbon Jawa

Kali ini kita akan membahas tentang cara menentukan hari baik. Berdasarkan weton atau hari kelahiran seseorang. Hari baik ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk memulai sebuah usaha. Kiranya Anda mau buka toko, dan toko ini rencananya mau dibuka pada tanggal sekian.

Nah, kita bisa memperkirakan apakah hari tersebut sudah merupakan hari yang baik atau bukan. Seperti biasa, terlebih dulu kita perlu mengetahui hari dan pasaran lahir kita. Lalu menjumlahkan kedua angkanya.

Senin   : 4
Selasa  : 3
Rabu  : 7
Kamis  : 8
Jumat  : 6
Sabtu  : 9
Minggu   : 5

Sedangkan untuk pasaran,
Pon  : 7
Wage  : 4
Kliwon  : 8
Legi  : 5
Pahing  : 9

Sebagai contoh, bila Anda terlahir di hari Selasa Wage, maka jumlah neptu Anda berjumlah tujuh. Terdiri dari Selasa yang berangka tiga, dan Wage yang berangka 4. Jumlah 7 ini, kita simpan dulu.


Baca Juga :


Mestinya, ketika hendak memulai suatu usaha, kita sudah ada perencanaan. Mau dimulai kapan, dan tanggal berapa kira-kira. Nah, kita ambillah hari yang telah Anda rencanakan tersebut. Misalnya, jatuh di Senin Legi. Jumlah neptunya 9, terdiri dari Senin yang berangka 4, dan Legi yang berangka 5. Jumlah 9 ini, kita simpan juga.

Selanjutnya, kita melihat hasil perhitungan hari lewat pancasuda. Panca itu lima, suda artinya dikurangi. Sehingga pancasuda, maknanya adalah, sisa angka, setelah dibagi lima.

Jadi tadi kita sudah ada angka neptu Anda, 7. Lalu ada angka neptu hari yang direncanakan untuk buka usaha, yaitu 9. Nah, kita jumlahkan kedua angka ini. Jatuhnya, 16. Angka 16, dibagi 5, dapat tiga. Sisa satu. Nah, angka satu inilah hasil perhitungan yang kita cari.

Pada hitungan pancasuda, angka 1 bermakna sri/ sandang. Alias rejeki melimpah
Angka 2, artinya lungguh/ pangan. Alias mendapat derajat.
Angka 3, artinya gedhong/ bejo. Alias kaya harta benda.
Angka 4, artinya lara. Alias sakit-sakitan.
Dan angka 5, artinya pati. Alias mati. Hasil perhitungan hanya jatuh di angka ini, bila nilai penjumlahannya habis dibagi lima.

Seperti yang telah kita hitung tadi, orang yang wetonnya Selasa Wage, bila membuka usaha di hari Senin Legi, jatuhnya di angka satu. Yaitu sri sandang. Artinya, hari tersebut merupakan hari yang baik baginya untuk memulai usaha. Atas seizin Tuhan akan diberikan keberkahan, kelancaran, dan harta yang berkah dan berlimpah.

Demikian yang dapat saya contohkan, untuk menghitung hari baik Anda. Harapan saya, selain menjadikan wawasan, juga memberikan kita kesempatan untuk melestarikan ajaran dan didikan nenek moyang.