Ciri-ciri Orang Kesurupan

Untuk kesempatan kali ini, saya ingin berbagi seputar fenomena spiritual, yang kita sebut dengan istilah kesurupan. Anda pasti sudah cukup familiar dengan istilah ini.

Kesurupan, atau kerasukan, adalah istilah yang lazim kita gunakan, untuk menerangkan suatu kondisi, dimana seseorang dipercaya kemasukan atau dimasuki oleh roh makhluk halus.

Tentu saja, bahasan seputar kesurupan ini tidak akan kita selesaikan semuanya sekali jalan. Kita akan mulai dulu dari ciri-cirinya kesurupan ini apa saja. Kemudian ciri-cirinya orang yang rentan mengalami kesurupan, seperti apa. Baru setelah itu, kita akan membahas seputar pertolongan pertama, yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kondisi kesurupan.

Jadi, untuk pembahasan kali ini, kita mulai dari bahasan yang pertama dulu. Kita akan bahas dulu seputar apa saja ciri-ciri kesurupan. Orang yang kesurupan itu, gejalanya bagaimana. Inilah yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini.

Sebagian besar dari kita, hanya mengenal kesurupan dari media. Televisi, terutama. Meskipun mungkin, Anda pernah menjumpai secara langsung orang yang sedang mengalami kesurupan. Atau bahkan bisa jadi, Anda sendiri pernah mengalami kesurupan.

Tetapi memang kebanyakan, orang yang pernah mengalami kesurupan justru tidak ingat banyak, dan tidak bisa bercerita banyak tentang pengalamannya. Ya karena tidak benar-benar ingat itu tadi.

Jika Anda pernah menyaksikan adegan kesurupan di televisi, maka ada kemungkinan kesurupannya ini hanya pura-pura saja. Sekedar acting saja. Karena memang diatur dan diarahkan sedemikian rupa, demi kepentingan acara.

Untuk itu, tidak ada salahnya kita tahu, tentang apa saja cirinya kesurupan, dan bagaimana membedakan kesurupan yang pura-pura, dengan kesurupan yang benar adanya.

Paling tidak, biar menjadikan wawasan bagi kita, sekiranya suatu ketika menjumpai orang yang kesurupan di dunia nyata. Karena tidak bisa dipungkiri, kesurupan itu kadang cuma dijadikan alat saja. Remaja, biasanya. Atau anak usia sekolah. Pura-pura kesurupan supaya sekolahnya dipulangkan cepat.

Saya sendiri pernah menjumpai, semasa sekolah dulu, salah seorang teman sekelas saya pura-pura kesurupan dan pingsan, yang ternyata karena dia belum mengerjakan PR. Maka dibawalah si dia ini ke UKS, dan selamatlah dia dari kewajiban PR nya itu tadi.

Langsung saja, apa ciri-cirinya orang kesurupan, supaya kita bisa membedakan apakah kesurupannya ini asli atau bohongan?

1. Perubahan Kondisi Tubuh

Ciri yang pertama adalah perubahan kondisi tubuh. Umumnya, gejala awal kesurupan adalah terjadinya perubahan pada kondisi tubuh. Termasuk lemah, pusing, berdebar, keringat dingin, kemudian pingsan. Tetapi hanya beberapa saat. Dan setelah bangun dari pingsannya ini, si korban kesurupan mulai meronta. Itu ciri pertama. Yang sebagian diantaranya, memang masih bisa dibuat-buat.


Baca Juga :


2. Perubahan Suara

Kemudian ciri yang kedua, adalah perubahan suara. Ini biasanya yang paling bisa Anda jadikan acuan. Dipercaya, bahwa orang yang kesurupan suaranya akan berubah, menjadi suara roh yang merasukinya. Kebanyakan akan berubah menjadi datar tanpa intonasi.

Jika yang merasuki adalah roh perempuan, maka suaranya berubah menjadi perempuan. Meskipun mungkin yang kesurupan ini adalah bapak-bapak yang sehari-harinya bersuara berat. Sebaliknya, jika yang merasuki ini adalah roh laki-laki, maka suaranya pun berubah menyerupai laki-laki.

3. Korban Kesurupan Menjadi Kebal

Ciri selanjutnya, atau yang ketiga, adalah korban kesurupan menjadi kebal. Alias tidak dapat dilukai. Tetapi harap dicatat, bahwa tidak semestinya ciri ini Anda tes dengan sengaja. Jangan lantas orang kesurupan Anda pukul, atau Anda lukai, hanya untuk mengetahui apakah dia betul kesurupan atau tidak. Karena salah-salah, Anda malah akan mencederai orang.

Cara yang paling mudah untuk menguji ciri ketiga ini adalah dengan memotong rambut si korban kesurupan. Kalau memang ia kesurupan, maka besar kemungkinan rambutnya tidak akan putus.

4. Bertambahnya Kekuatan Badan Si Korban Kesurupan

Kemudian ciri terakhir, atau yang keempat, adalah bertambahnya kekuatan badan si korban kesurupan. Melebihi kekuatan fisik dia yang biasanya. Bahkan melebihi nalarnya kita, tentang orang dengan perawakan fisik tersebut.

Misalnya, anak remaja yang tingginya mungkin tidak lebih dari satu setengah meter, beratnya mungkin tidak lebih dari 50 kilo, tiba-tiba mampu melawan empat atau bahkan enam orang dewasa yang berusaha untuk menenangkannya.

Hal ini disebabkan oleh bersatunya kekuatan orang yang kesurupan, dengan kekuatan roh yang merasuki orang tersebut. Nantinya setelah sadar dari kesurupan ini, si korban tentu saja akan kelelahan karena tenaganya terkuras habis.

Keempat ciri inilah, yang bisa Anda jadikan patokan, atau acuan, untuk menilai apakah seseorang benar-benar kesurupan. Atau menilai apakah kesurupannya bohong atau betulan. Harapan saya semoga menjadikan wawasan yang bermanfaat untuk Anda.

Bila kebetulan Anda pernah menjumpai orang kesurupan, boleh ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar. Atau barangkali bila Anda sendiri pernah kesurupan, boleh juga ceritakan pengalaman Anda tersebut. Siapa tahu bisa menjadi pembelajaran untuk kita bersama.
Dari saya cukup sekian, semoga bermanfaat.