Kenapa Rezeki Seret? Ternyata Ini Penyebabnya!

Siapa sih yang tidak suka jika diberi nikmat rezeki yang berlimpah oleh Sang Pencipta? Dalam menerima rezeki, tiap orang tentu akan berbeda-beda sesuai dengan cara dan usaha yang mereka lakukan, serta tidak lepas dari kehendak dan ketentuan Allah SWT. Lalu, apa yang menyebabkan rezeki seret padahal sudah berusaha dan giat bekerja? Berikut ini 7 penyebab rezeki menjadi seret:

Daftar Penyebab Rezeki Seret

1. Tidur Setelah Sholat subuh

Apakah Anda salah satu orang yang suka tidur setelah menunaikan sholat subuh? Jika iya, mulai ubah kebiasaan ini karena ternyata tidur setelah sholat subuh dapat menghambat rezeki. Perintah ini juga sudah tertulis di dalam HR. Abu Dawud at-Thaayalisy bahwa setelah sholat subuh adalah waktu yang tepat untuk mencari rezeki.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah juga mengatakan hal yang sama bahwa tidur setelah subuh dapat mencegah rezeki, karena subuh merupakan waktu untuk mencari dan mendapat rezeki. Para ahli juga menyatakan bahwa, subuh merupakan waktu emas dan sangat cocok untuk menjemput rezeki. Pasalnya, energi Anda memiliki kekuatan yang optimal dan maksimal untuk bekerja.

2. Pelit

Apakah Anda pernah beranggapan bahwa pelit adalah satu cara agar cepat kaya? Ternyata anggapan seperti ini tidaklah benar. Semakin Anda senang berbagi, maka rezeki akan semakin dilancarkan begitu pula sebaliknya.

Alih-alih cepat kaya dan memiliki harta berlimpah, pelit justru akan membuat rezeki Anda menjadi seret. Oleh karena itu, mulai sekarang biasakan diri untuk rajin bersedekah agar pintu-pintu rezeki Anda dibukakan oleh Allah SWT.

3. Memutuskan Silaturahmi

Memutus tali silaturahmi dengan orang-orang di sekitar Anda ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa rezeki seret. Jika Anda memutus satu ikatan silaturahmi, maka sebenarnya Anda sedang menutup satu pintu sumber rezeki. Karena Allah memberikan rezeki-Nya kepada Anda melalui perantara dari satu tangan ke tangan lainnya.

Semakin banyak tali silaturahmi yang Anda jalin, maka semakin banyak pula sumber rezeki yang mengalir kepada Anda.

4. Munafik

Memiliki sifat atau watak yang munafik seperti suka ingkar janji, pengkhianat, suka berbohong, dan suka mengadu domba rupanya dapat menghambat rezeki yang mengalir untuk Anda. Watak buruk ini jika masih Anda miliki dan tidak diperbaiki, maka akan merusak hubungan Anda dengan sesama dan tentunya akan menyebabkan rezeki menjadi seret.

5. Suka Menunda Pekerjaan

Tidak disiplin dan suka menunda pekerjaan adalah kebiasaan yang dapat menghalangi Anda untuk mendapatkan rezeki yang maksimal. Saat Anda bermalas-malasan dan tidak segera menyelesaikan pekerjaan hingga menumpuk. Nantinya, Anda akan cenderung menyelesaikannya dengan terburu-buru dan tidak maksimal.

Kebiasaan ini jika dibiarkan terus menerus akan membuat rezeki yang Anda terima juga tidak maksimal. Mulai saat ini biasakan untuk disiplin terhadap diri sendiri dan jangan menunda pekerjaan. Lakukan dan kerjakan setiap pekerjaan dengan maksimal, agar rezeki yang diperoleh juga sepadan dengan usaha yang dilakukan.

6. Suka Mengeluh dan Mudah Putus Asa

Suka mengeluh dan kurang bersyukur juga bisa menjadi penghambat rezeki. Seperti sebuah penyakit, kebiasaan mengeluh akan membentuk karakter dan menjadikan Anda sebagai pribadi yang lemah, serta merasa tidak yakin dengan pertolongan Allah. Saat Anda merasa putus asa, maka di situlah Anda sedang memutus berkah dan rahmat dari Allah SWT.

7. Menahan Hak Orang Lain

Menahan apa yang menjadi hak orang lain rupanya juga menjadi penghambat rezeki bagi Anda. Hak orang lain yang tertahan ibarat penyumbat yang menghalangi aliran sumber rezeki Anda. Maka dari itu, sikap ini wajib dihindari dan perbanyak berbagi dengan orang-orang di sekitar Anda, agar rezeki yang diperoleh selalu dilancarkan oleh Allah SWT.

Jika menemukan ketujuh penyebab rezeki seret di atas ada di dalam diri Anda, mulai tinggalkan kebiasaan buruk tersebut agar tidak menjadi penghambat aliran rezeki. Biasakan diri untuk bersedekah dan lakukan kebiasaan positif yang akan memperlancar rezeki Anda.