Menentukan Arah Yang Baik Untuk Mencari Rejeki

Kali ini,  kita akan membahas seputar arah yang baik untuk mencari rejeki, berdasarkan nogo dino. Atau naga hari.

Sebenarnya metode ini, bila ingin diterapkan pada masa sekarang, memang sulit. Pasalnya jaman sekarang kebanyakan dari kita punya pekerjaan yang tetap. Jadi arah yang setiap harinya kita tuju untuk mencari rejeki, ya memang tidak berubah.

Tetapi saya tetap meyakini, bahwa hal yang demikian dapat menjadikan wawasan yang baik bagi kita. Paling tidak sebagai pemahaman sekaligus penghargaan, atas suatu pengetahuan yang diwariskan oleh nenek moyang kita secara turun temurun.

Nah, nogo dino atau naga hari, itu sebenarnya apa?

Nogo dino, ditentukan untuk mencari arah rejeki yang pas dan menghindari kesialan serta musibah. Arah yang baik adalah arah yang searah dengan naganya, sedangkan arah yang kurang baik adalah bila kita melawan arah naga tersebut.

Leluhur kita mengibaratkan naga sebagai ular besar yang terbang di angkasa. Jika dilawan arah jalannya, maka ia akan menggigit dan menelan. Namun jika arah jalannya kita ikuti, maka atas seizin Tuhan akan selamat serta mendapat rejeki berlimpah.

Itulah mengapa orang tua jaman dulu memberikan nasehat agar kita berhari-hati dalam mencari rejeki. Karena jika salah mencari arah, maka dikhawatirkan rejekinya dimakan sang naga, atau bahkan mendapat kesialan.


Baca Juga :


Perhitungan arah naga dina sendiri, adalah sebagai berikut:

Hari ahad atau minggu, posisi nogo dino menghadap ke utara. Maka carilah rejeki ke arah utara, agar selamat dan berkah. Sedangkan bila menuju arah selatan, dikhawatirkan bisa menjadi korban.

Hari senin, posisi naga dina ada di timur. Maka carilah rejeki ke timur. Jangan menuju ke arah barat, karena akan bertemu musuh dijalan.

Hari selasa, posisi nogo dino menghadap ke selatan. Maka carilah rejeki ke arah selatan, agar selamat dan terhindar dari perkara menyusahkan.

Hari rabu, posisi nogo dino ada di sebelah utara. Maka bila Anda mencari rejeki ke arah utara, atas seizin Tuhan akan diberikan keselamatan dan rejeki yang baik.

Hari kamis, posisi nogo dino menghadap ke arah barat. Maka bila Anda ingin mencari rejeki dengan selamat, hendaknya menuju arah barat. Sebaliknya, bila menuju arah timur dikhawatirkan bisa mendatangkan kesialan.

Hari jumat, posisi nogo dino menghadap ke selatan. Karena itu carilah rejeki ke arah selatan. Terakhir, hari sabtu posisi nogo dinonya ada di selatan juga. Maka dari itu jangan berangkat mencari rejeki ke arah utara. Sebaliknya, pergilah ke arah selatan, sesuai posisi nogo dino pada hari tersebut. Kalau di jaman sekarang, posisi naga dina iki masih bisa kita pakai, misalnya ketika hendak merantau.

Katakanlah daerah perantauan yang hendak kita tuju itu arahnya ke utara, maka berangkatlah pada hari yang nogo dinonya ada di posisi utara. Yaitu pada hari ahad atau minggu.

Demikianlah, cara untuk menentukan arah mencari rejeki yang baik, menurut pemahaman orang Jawa. Semoga menjadikan wawasan yang bermanfaat bagi Anda.