Tips Mencari Pekerjaan Untuk Fresh Graduate

Banyak mahasiswa yang baru lulus merasa bingung untuk mencari pekerjaan. Jika Anda sedang mencari lowongan, maka Anda akan membutuhkan strategi mencari pekerjaan. Hal terpenting adalah Anda mengetahui keinginan diri sendiri. Saat melakukan pekerjaan, Anda harus bertanggung jawab. Oleh karena itu, pilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda.

Hal yang Perlu Diketahui Dalam Mencari Pekerjaan

Saat ini, Anda bisa menemukan lowongan pekerjaan dari berbagai media. Anda harus memerhatikan bahwa perusahaan menginginkan orang yang tepat untuk posisi yang tersedia. Anda perlu menyiapkan diri dengan baik saat melamar pekerjaan. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat mencari pekerjaan, yaitu:

1. Mencari pekerjaan secara online

Tidak sesulit zaman dulu, kini Anda bisa mencari pekerjaan secara online. Terdapat banyak aplikasi serta website yang menawarkan berbagai lowongan pekerjaan. Selain lebih mudah, hal tersebut juga menjadi cara yang cukup efektif dalam mencari pekerjaan yang Anda inginkan.

Beberapa perusahaan juga membuka lowongan pekerjaan di websitenya. Oleh sebab itu, Anda harus rajin membuka website untuk mengecek lowongan pekerjaan.

2. Memiliki jaringan yang luas

Mencari teman atau kenalan adalah hal yang penting untuk kehidupan sosial Anda. Selain itu, Anda juga tidak akan tahu bahwa orang-orang tersebut mungkin akan menawarkan pekerjaan untuk Anda. Orang-orang penting biasanya memiliki informasi yang lebih banyak dan koneksi lebih luas.

3. Memiliki dukungan

Ketika mencari pekerjaan, Anda perlu membangun dukungan. Dukungan atau support system adalah orang-orang yang dapat memberi dukungan ketika Anda mencari pekerjaan. Orang tersebut bisa dosen ketika kuliah, mantan rekan kerja, atau manajer di tempat Anda pernah bekerja.

Anda bisa meminta bantuan orang-orang tersebut untuk merekomendasikan diri Anda ke perusahaan. Jika Anda memiliki hubungan tersebut, Anda bisa memiliki kesempatan untuk bekerja di tempat yang diinginkan. Umumnya, Anda akan memerlukan surat rekomendasi dari orang tersebut.

4. Memastikan skill yang dimiliki untuk pekerjaan yang tepat

Setiap pekerjaan akan memelukan sebuah skill tertentu. Saat Anda mencari pekerjaan, usahakan untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill yang dimiliki. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk melamar pekerjaan yang tidak diminati. Ketika Anda melamar pekerjaan yang sesuai, Anda akan lebih merasa nyaman dengan pekerjaan tersebut.

Anda juga harus bisa meyakinkan pewawancara bahwa Anda bisa menyelesaikan masalah pekerjaan dengan baik. Perusahaan menyukai pelamar yang optimis dan memiliki solusi.

5. Membuat CV yang sesuai

Jika memungkinkan, Anda perlu membuat CV yang spesifik dengan posisi yang Anda lamar. Anda bisa menyertakan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki dan berhubungan dengan posisi pekerjaan tersebut. CV yang Anda buat akan menjadi berbeda dari kebanyakan pelamar.

6. Menjadi diri sendiri

Ketika Anda dipanggil untuk wawancara pekerjaan, maka Anda harus menjadi diri sendiri. Anda harus mengerti apa yang diinginkan oleh perusahaan, sehingga Anda bisa menjawab setiap pertanyaan dengan baik. Jawab setiap pertanyaan dengan jelas dan jangan betele-tele. Gunakan bahasa yang baik dan sopan, jangan sampai Anda terdengar angkuh.

Dalam tahap wawancara, pihak perusahaan akan memberikan penilaian terhadap Anda. Anda harus tenang dan jangan terlalu gugup. Walaupun begitu, Anda perlu menyiapkan jawaban yang terdengar baik dan enak didengar.

Tips mencari pekerjaan perlu Anda perhatikan agar bisa memperoleh pekerjaan yang sesuai. Selagi menunggu panggilan, Anda bisa mencari lowongan pekerjaan yang lain. Masukkan CV Anda untuk banyak perusahaan, karena Anda tidak akan tahu perusahaan mana yang membutuhkan Anda.